Sabtu, 06 April 2013

Berbagai macam motif kain dan hias di Indonesia

Berikut adalah berbagai macam jenis batik dan jenis motif kain yang ada di indonesia . jenis motif Indonesia sangat terkenal yaitu motif kain tenun, motif kain songket dan motif batik. Masing-masing motif mempunyai ragam motif yang berbeda dan mempunyai ciri khasnya msing-masing. Motif berbagai macam dari daerah antra lain yaitu.

1      1.  Batik Solo dan batik Yogyakarta

Batik Solo dan batik Yogyakarta di warnai oleh warna tradisional , motif yang di gunakan batik Solo dan batik Yogyakarta mengandung arti tentang makna kehidupan, serta pewarnaan yang di gunakan yaitu pewarna yang sangat sederhana. Pada umumnya batik Solo dan batik Yogyakarta berwarna biru dan coklat pada dasar kuning gading atau putih.




Batik Solo

http://www.google.com/url











 Batik Yogyakarta
www.discover-indo.tierranet.com









2. Kain Tenun dari Minaggkabau
 
Kain Tenun dari Minangkabau, Batu Sangkar, Sumatera Barat di tenun dengan berbagai macam warna biasanya di hias dengan benang halus dan pada bagian bawah berwarna lebih muda.
 asliindonesiaku.blogdetik.com




 3. Perisai dari Irian 

Periasai yang berasal dari irian terbuat dari kayu bercat hitam dan putih dan sedikit warna merah yang bernama “ko-ben”. Pada perhiasany6a terdapat berbacam bentuk meander. Meander bagian bawah berbentuk T dan bagian atas berpilin.

 www.gedungdua8.com


  5. Batik Pekalongan
 
Batik Pekalongan berkarekter dinamis dan banyak warna yang di pengaruhi oleh budaya Cina. Batik Pekalongan biasanya di hubungkan dengan kondisi sosial msyarakat Pekalongan.

Di atas adalah macam motif yang ada di Indonesia dan masih banyak yang lainya lestarikan dan budayakan kawan :)

1 komentar: