Kamis, 21 Maret 2013

Wawasan Nusantara


PENDAHULUAN

11.     Latar Belakang
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, Keadaan alam, adat istiadat, bahasa , makanan khas yang berbeda-beda antar daerah dari sabang hingga merauke. Indonesia terdiri dari negara kepulaun yang terdiri kurang lebih 300  suku yang tinggal di Indonesia.
bangsa Indonesia itu terdiri dari banyak suku bangsa yang Multikultural (memiliki banyak suku) ,  mempunyai bahasa yang berbeda-beda, kebiasaan dan adat istiadat yang berbeda, kepercayaan yang berbeda, kesenian, ilmu pengetahuan, mata pencaharian dan cara berpikir yang berbeda-beda . Pada zaman dahulu Negara Indonesia untuk menjadi sebuah negara yang merdeka dari semua penjajahan yang terjadi ,  Indonesia harus mempunyai wilayah, penduduk dan pemerintah .
Tetapi tetap menjadi satu yaitu Indonesia seperti semboyan negara kita yaitu “Bhineka Tunggal Ika” berbeda-beda tetap satu juga. Artinya walaupun abanyak perbedaan antar daerah tapi tetap dalm satu negara yaitu negara Indonesia.

22.     Tujuan
Dengan banyak nya keragaman yang ada di indonesia di harapkan bisa mengetahui berbagai macam budaya, adat istiadat, kepercayaan, kesenian, ilmu pengetahuan, cara berfikir yang berbeda serta makan yang khas dari daerah masing-masing.
Sebagai bangsa Indonesia yang baik, sebaiknya kita sebagai warga negara bisa di harapkan mempunyai wawasan nusantara yang cukup luas tentang bangsa indonesia sendiri, serta bisa melestarikan tentang semua yang telah di ketahui tentang wawasan nusantara yang ingin di ketahui dan Unsur apa saja yang menyangkut tentang wawasan nusantara.



 PEMBAHASAN
Mempunyai wawasan nusantara itu sangat penting tapi alngkah baiknya bisa mengetahui pengertian dari wawasan nusantara.
Wawasan nusantara adalah dimana kita mempunyai pengetahuan tentang nusantara di mulai dari berbagai hal tentang negara itu sendri dari berbagai macam bahasa, budaya, adat istiadat, kesenian, makanan khas dan cara berfikir yang berbeda dan bagaimana kita melestarikan dan membudayakan semua yang ada.
1.      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi II,1994) wawasan berasal dari kata dasar mawas atau mewawas, yang berarti meneliti; meninjau; memandang; mengamati. Sedangkan wawasan adalah hasil mewawas; tinjauan; pandangan. Sedangkan nusantara, masih menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi II,1994), adalah sebutan (nama) bagi seluruh wilayah kepulauan Indonesia.
2.      Prof.Dr. Wan Usman
Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara  kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.
3.      Pengertian Wawasan Nusantara berdasarkan Tap MPR Tahun 1993 dan1998,Wawasan Nusantara merupakan wawasan nasional yang bersumberpada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945 yaitu : cara pandang dansikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam meyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Banyak sekali keragaman yang ada di Indonesia dari bahasa cara berfikir, adat istiadat , mkanan khas serta kesenian di mulai dari seni tari dan alat musiknya, ada beberapa ragam alat musik daerah.



A.    Ragam alat musik daerah
Musik daerah adalah musik yang sudah ada sejak jaman dulu yang secara turun temurun tumbuh dan berkembang hinnga sekarang. Alat musik pun sama dan terbuat secara sederhana baik bahan, tehnik maupun irama serta nadanya.

1.      Gambang Kromong


Gambang kromong berasal dari daerah Betawi y6ang di perpadukan dengan musik cina, lagu yang biasa di iringi oleh gambang kromong adalah kicir-kicir, lenggang kangkung, sirih kuning,dan jali-jali.

2.     Kolintang


Kolintang berasal dari daaerah minahasa, kolintang mirip dengan gambang yang terbuat dari kayu dan tangga nada nya adalah tangga nada diatonis.

3.     Angklung dan calung

       

Sudah tidak asing lagi alat musik angklung dan calung berasal dari daerah sunda yang terbuat dari bambu dengan cara memainkanya di gerakan oleh tehnik-tehnik tertentu, jenis-jenis musik sunda biasa dengan gerak dan alagu dan diringi dengan angklung dan calung seperti tarling, ketuk tilu, degung dan banjet.




4.     Talempong

Alat musik yang berasal dari sumatera ini biasanya memakai saluang, gendang melayu, serunai, rebana. Meskipun demikian tiap daerah mempunyai alat musik yang berbeda seperti talempong bersal dari Sumatera Barat.

Itulah beberapa contoh alat musik daerah yang ada di nusantara tentunya masih banyak lagi yang lain nya. Yang pasti adalah bagaimana kita bisa memelihara dan melestarikanya. Wawasan nusantara harus terus di ketahui karea kalau bukan generasi muda siapa lagi dengan itu ini adalahI isi Wawasan Nusantara Isi adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang terdapat pada pembukaan UUD 1945. Untuk mencapai aspirasi yang berkembang di masyarakat maupun cita-cita dan tujuan nasional seperti tersebut di atas, bangsa Indonesia harus mampu menciptakan persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan dalam kehidupan nasional. Isi menyangkut dua hal yang essensial, yaitu:
a. Realisasi aspirasi bangsa sebagai kesepakatan bersama serta pencapaian cita-cita dan tujuan nasional.
b. Persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan yang meliputi semua aspek kehidupan nasional.
Isi wawasan nusantara tercemin dalam perspektif kehidupan manusia Indonesia meliputi :
a. Cita-cita bangsa Indonesia tertuang di dalam Pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan :
1) Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
2) Rakyat Indonesia yang berkehidupan kebangsaan yang bebas.
3) Pemerintahan Negara Indonesia melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.



KESIMPULAN
Sebagai masyarakat bangsa Indonesia yang telah mempelajari dan memahami Wawasan Nusantara kita seharusnya mengubah cara pandang dan sikap Bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Serta mengarah kepada semboyan kita yaitu “Bhineka Tunggal Ika” berbeda-beda tetap satu jua.
Wawasan nusantara sangat penting karena pengetahuan tentang nusantara akan membantu untuk melstarikan dan memlihara budaya yang ada serta hal-hal yang beragam di negara Indonesia, dan masih banak kebudayaan yang mungkin kita tidak tau maka perbanyak lah pengetahuan tentang nusantara untuk menyelamaykan kebudayaan agar tidak menjadi hak dari negara lain yang ingin mengambil kebudayaan kita. Maka dari itu lestarikan lah ke6budayaan yang ada d6an se6lalu berdasarkan pada hukum yang ada yaitu pancasila d6an UUD 1945.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar