Minggu, 08 Januari 2012

Beragam seni ukir Nusantara


Seni ukir merupakan hasil kerajinan yang proses pengerjaan nya atau pembuatannya dengan cara mencukil, hasil cukilan nya berupa ornamen-ornamen yang indah.
Seni ukir merupakan kerajinan peninggalan kerajaan-kerajaan indonesia.

Berikut contoh seni ukir di indonesia :

     1.   Seni ukir majapahit 

jasaukirjepara.wordpress.com

Seni ukir Majapahit berbentuk bulatan dan krawingan (cekung), terdiri atas ukel dari daun pakis dan waru. Pada seni ukir Majapahit ragam pokonya berbentuk tanda tanya.Seni ukir majapahit terdapat pada bekas potongan batu serta pada potongan kayu yang sudah rusakyang di simpan di museum Trowulan , selain iru dapat juga di lihat pada tiang pendopo masjid demak. Menurut sejarah tiang pendopo masjid demak merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang dibawa oleh Raden patah.

     2.    Seni ukir Mataram

 jasaukirjepara.wordpress.com
 
Seni ukir Mataram berbentuk cawean pakaian wayang purwa. Motif Mataram menggambil motif ukiran wayang purwa kerajaan demak. Menurut sejarah pada waktu kerajaan demak mengalami kesurutan, wang dibawa ke kerajaan mataram.

          3.     Seni ukir Jepara

 jasaukirjepara.wordpress.com

Seni ukir jepara berbentuk prisma segitiga yang melingkar-lingkar dan berpecah menjadi beberapa helai daun. Peningalan yang masih dapat di lihat dari ornamen makam Mantingan, Jepara.

       4.      Seni ukir padjajaran
 garryabsolutly.blogspot.com
 
Seni ukir padjajaran berbentuk ukel dari daun pakis dan bentuknya serba bulat. Bentuk ukel seperti tanda koma. Seni ukir padjajaran dapat dilihat dari Sunan Gunung Jati ada bangsal makam tersebut terdapat hiasan kayu berukir. Meurut sejarah bangsal tersebut pada awalnya adalah bangsal Taruma Negara dari kerajaan Prabu Siliwangi. Makam tersebt terletak di daerah sungai Citarum di Cirebon.

          5.   Seni ukir Bali

 jasaukirjepara.wordpress.com

Seni ukir bali hampir sama dengan seni ukir padjajaran. Perbedaannya terdapat pada ujung ukel yang dihiasi dengan sehelai patran. Bentuk ukel terdiri ats bentuk bulat, kecil, besar, cekung, pecahan, dan daun runcing. Seni ukir bali dibawa oleh orang bali dinamakn patre punggel. Ukiran ini dapat dilihat di pura sebegai hiasan pintu masuk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar