Minggu, 08 Januari 2012

Alat musik melodis



Alat musik melodis adalah alat musik yang bernada dan mempunyai irama. Contohnya recorder, piano, pianika, gitar, suling dan harmonika.]

Jenis alat musik melodis berdasarkan cara memainkannya :

  1. Dengan cara di tekan, alat musik yang cara penggunaannya dengan ditekan yaitu piano dan akordion.
            Piano 
 sewa-piano.jigsy.com

Piano sendiri lahir dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada clavichord dengan kekuatan harpsichord. Hasrat itu mendorong Marius dari Paris (1716), Schroter dari Saxony (1717), dan Christofori (1720) dari Padua, Italia, untuk membuat piano. Namun, hasil utuh dan lengkap cuma ditunjukkan Bartolomeo Christofori. Dari piano ciptaan pemelihara harpsichord dan spinet (harpsichord kecil) di Istana Florentine - kediaman Pangeran Ferdinand de’Medici - inilah piano modern berakar.

arkodion
 resimle.net

Meskipun kebanyakan orang dapat menyulap gambaran mental dari suatu accordian, banyak yang tidak menyadari bahwa ada beberapa macam akordion, dikembangkan selama bertahun-tahun untuk genre musik tertentu. Sebagai instrumen buluh gratis, pembukaan dan penutupan bellow sebuah akordeon (atau Squeezebox) menyebabkan udara mengalir di atas buluh, yang membuat suara. Sebuah akordeon juga memiliki tombol, atau kedua tombol dan keyboard. Ini berfungsi untuk mengarahkan aliran udara ke buluh tertentu dan bukan yang lain, dengan demikian mengendalikan nada dimainkan.

 
 2.  Dengan cara ditiup, alat musik melodis yang cara pemakainnya dengan di tiup antara lain pianika dan recorder.

            Pianika
 forumbebas.com

Pianika dapat di mainkan secara di tekan tetapi dngan tiupan, tangga nada sama seperti alat musik biasa do re mi fa so la si do dan di tiup secara tegak.

Rekorder
 eqeen-azmee.blogspot.com

Rekorder ini popular pada abad pertengahan melalui era barok, tetapi menurun pada abad ke-18 yang menyokong  alat-alat muzik orkestra, seperti flute, Oboe, dan klarinet. Rekorder dihidupkan semula pada abad ke-20, dalam mengejar prestasi bersejarah maklumat muzik awal, tetapi juga kerana kesesuaian sebagai instrumen sederhana untuk mengajar muzik dan daya tariknya untuk pemain amatur. Pada masa ini, rekorder sering dianggap sebagai alat seorang kanak-kanak, tetapi ada juga pemain profesional yang menunjukkan kepakaran mereka bermain rekorder pelbagai rentak dan lagu.
 http://en.wikipedia.org/


 3.  Dengan cara di petik, alatmusik yang di gunakan secara di petik antara lain gitar dan kecapi.
Gitar
 cantikalayanti.blogspot.com

Selama jaman Renaissance, alat musik gitar tidak populer dan tidak diminati masyarakat.
Namun setelah Alonso Mudarra mulai memperkenalkan alat musik ini melalui karya- karyanya maka dengan segera orang-orang mulai tertarik untuk mendengarkan dan memainkan gitar.
Pada abad 17 atau periode Baroque dawai (string) gitar ditambahkan menjadi lima yang masing -masing dawai berpasangan, ini memungkinkan para pemain memainkan musik yang lebih kompleks dan luas.
http://asal-usul-motivasi.blogspot.com

            Kecapi
 extreme2strokes.com

alat musik tradisional kecapi merupakan alat musik kelasik yang selalu mewarnai beberapa kesenian di tanah Sunda ini. Membuat kecapi bukanlah hal gampang. Meski sekilas tampak kecapi seperti alat musik sederhana, tetapi membuatnya tidaklah gampang. Untuk bahan bakunya saja terbuat dari kayu Kenanga yang terlebih dahulu direndam selama tiga bulan. Sedangkan senarnya, kalau ingin menghasilkan nada yang bagus, harus dari kawat suasa (logam campuran emas dan tembaga), seperti kecapi yang dibuat tempo dulu. Berhubung suasa saat ini harganya mahal, senar Kecapi sekarang lebih menggunakan kawat baja.

 4. Dengan cara di gesek ada alat musik biola
            Biola
 mybiola.blogspot.com

Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu dengan viola, cello dan double bass atau kontra bass, biola memiliki nada yang tertinggi. Alat musik dawai yang lainnya, bas, secara teknis masuk ke dalam keluarga viol. Kertas musik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis pada kunci G.
http://id.wikipedia.org/


 5.Dengan cara di isap ada alat musik harmonika
            Harmonika
 duniaharmonika.blogspot.com

Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus. Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa.
Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horozontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.
http://id.wikipedia.org


3 komentar:

  1. bagus banget nih artikelnya thankss ya gan udh ngasih artikel ini jadi saya bisa belajar dengan baik terutama pelajaran seni budaya

    BalasHapus
  2. terimakasih, kita sama-sama belajar yah :)

    BalasHapus