Sabtu, 31 Desember 2011

Manusia dan pandangan hidup


Manusia dan pandangan hidup

Pandangan hidup

Setiap manusia mempunyai pandangan hidup yang berbeda-beda, pandangan hidup juga dapat menjadi tolak ukur manusia di masa yang akan datang atau masa depan. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang di jadikan pegangan, pedoman, arahan petunjuk hidup di dunia.

Pandangan hidup bisa berarti suatu pandangan atau tolak ukur ikehidupan dimana kita bisa melihat suatu kehidupan dari orang lain yang patut kita contoh, misalnya pandangan anak terhadap kehidupan orang tuanya yang menjadi seorang dokter dan anak pun akan mengikuti profesi tersebut karena anak berpandangan dalam orang tuanya, atau bisa saja tokoh yang lain yang patut kita contoh sebagai pandangan hidup untuk kita nanti. Bagaimana kita aka melakukan sesuatu aau bertindak sepert apa nantinya, langkah-langkah apa yang harus di lakukan untuk mencapai sebuah ke sukseasan dalam hidup.
Ada beberapa maca pandangan hidup

  • -          Pandangan hidup menurut agama pandangan ini mutlak kebenarannya.
Contohnya : pandangan seseorang menurut suatu ajran agamanya seperti di larang mencuri maka merek  yang berpandangan hidup terhadap agamanya dan yakin maka tidak akan melakukan apa yang di larang oleh ajaran agamnya karena itu merupakan pandangan hidup yang harus di jalani.

  • -          Pandangan hidup sesuai degan kebudayaan dan norma yang berlaku di masyarakat.
Contohnya : seperti seseorang yang akan melakukan sesuatu karena kebudayaan yang bersifat mereka percaya dan yakin terhadap kebudayaan tersebut
-          Pandangan hidup dari akibat kehidupan yang nyata

Contohnya : bila ada seseorang yang mempunyai hidup yang baik atau buruk dan itu menjadi tolak ukur bagi orang lain karena orang yang mengalami nya adalah orang yang dekat dan tahu benar apa yang terjadi.

pandangan hidup mempunyai unsur yaitu cita-cita, usaha, kebajikan, dan keyakinan. Empat faktor ini sangat mempengaruhi manusia dalam padangan manusia.

  • -         Cita – cita
Cita – cita adalah suatu keinginan seseorang terjadi karena suatu pandangan hidup yang menurut mereka keinginan tersebut itu menjadi kebajikan untuk orang lain damai dan sejahtera. Cita – cita akan tercapai biola seseoarng tersebut mempunyai usaha yang kuat dan keyakinan yang pasti.

Faktor yang mempengaruhi orang mempunyai cita – cita

  • -          Faktor manusia
Seseorang mempunyai cita – cita karena melihat keberhasilan orang lain dalam menjalani suatu jadi ada keinginan untuk mencapai suatu keberhasilan tersebut bisa menjadi motivasi. Tetapi tetap cita – cita tersebut harus di barengi dengan uasaha dan kerja keras yang tinggi bukan hanya khayalan belaka, karena cita – cita kita menjadi semangat tetepi kita juga harus tahu seberapa besar kemampuan dan kemauan kita untuk menggapai cita – cita tersebut

  • -          Faktor kondisi
Banyak orang yang mempuyai cita – cita yang sangat tinggi tetapi kondisi yang ada sangat tidak membantu untuk mewujudkan cita – cita nya oontohnya seperti seseorang yang bercita- cita sebagai dokter tapi kondisi keuangan keluarganya tidak memungkinkan dia untuk menjadi dokter dan ini bisa menjadi sebuah hambatan dan bisa jadi cita – cita itu kemungkinan besar tidak bisa terwujud tetapi balik lagi di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin dimana kita selalu berusaha dan berdoa dan yakin semuanya akan bisa terlaksana maka tidak menutup kemungkinan apa yang kita ingin kan akan terwujud.

  • -         Kebajikan
Kondisi ini timbul akibat seseorang melakukan sesuatu sesuai pandangan hidup tapi bermanfaat untuk dirinya dan orang di sekitarnya.

  • -         usaha
suatu pekerjaan yang di lakukan atas dasar keingina yang kuat dan berharap keinginan tersebut bisa tercapai.

  • -         Keyakinan
Keyakinan sangat penting dalam menggapai sebuah cita – cita kaena usaha juga membutuhkan keyakinan dan untuk menggapai cita- cita perlu usaha yang keras sehingga menghasilkan kebajikan untuk orang lain.

Jalani lah hidup dengan pandangan hidup yang baik dan berpandangan pada orang lain secara baik degan begitu hidup akan lebih teratur dan bisa menggapai sebuah harapan yang di inginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar