Sabtu, 31 Desember 2011

Manusia dan tanggung jawab


Manusia dan tanggung jawab

Tanggung jawab

Tanggung jawab menurut kamus besar bahasa indonesia adalah kedaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah kewajiban menangung, memikul jawab menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Tangung jawab timbul karena kewajiban dan kewajiban akan timbul karena hak, setiap orang mempunyai tangggung jawab, kewajiban dan hak masing- masing. Tangung jawab adalah perilaku seserang atas kesadaran dari kewajibannya.

Seoarang pelajar wajib untuk belajar, jika ia melakukan belajar maka ia telah melakukan kewajibannya dengan melakukan tanggung jawab untuk belajar, ketika hasil yang di capai tergantung dari apa yang ia tanggung jawabkan bila memang ia bertangung jawab dengan sungguh – sungguh maka hasilnya pun akan memuaskan tetapi bila ia tidak bersungguh – sungguh jangan harap mendapatkan hasil yang di inginkan.

Macam – macam tanggung jawab :

  • -      Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Dimana kita bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada diri kita karena perbuatan kita sendiri, apa yang kita perbuat dan kita tanggung jawabkan karena diri kita sendiri jika kita bertanggung jawab dengan baik maka apa yang terjadi pada diri kita pun akan baik.

Contohnya : seseorang yang kurang berhati – hati dalam mngerjakan tugasnya yang menganggap sepele semua tugas yang ada dalam dirinya sehingga tanggung jawab yang ia kerjakan tidak maksimal maka hasil yang akan di dapat pun tidak akan maksimal.

  • -      Tanggung jawab terhadap keluarga 

Tanggung jawab yang harus di pikul oleh semua anggota kelurga untuk menjaga nama baik keluarga, bila ada salah satu yang mencoreng maka semua akan terkena imbasnya.

Contoh : ada anak yang menurut orang tuanya sudah di didik dengan benar tetapi anak tersebut melakukan hal yang yang mencoreng nama keluarga maka secara otomatis orang tua nya akan ikut terlibat dan bertanggung jawab ats kejadian tersebut.

  • -      Tanggung jawab terhadap masyarakat

Tanggung jawab yang menyangkut masyarakat sebagaimana apa yang kita lakukan di terhadap masyarakat apakah bermanfaat atau tidak dan apakah masyarakat akan merespon dengan baik atau tidak apa yang kita pertanggung jawab kan dan lakukan.

Contoh : bila sekitar halaman rumah kotor dan tidak di bersihakan maka masyarakat secara tiak langsung akan menganggap kita sebagai oarang yang tidak bertanggung jawab dalam lingkungan walaupun di halaman rumah sendiri tapi dapat menganggu masyarakat sekitar.

  • -      Tanggung jawab terhadap negara

Tanggung jawab yang harus di terima oleh semua warga negara dan akibatnya pun akan di tanggung oleh semua warga negara.

Contoh : bila kita tidak bertanggung jawab dalam lingkungan negara maka akan terjadii bencana seprti banjir, longsor, kebakaran hutan dan itu dapat berakibat oleh senua elemen negara karena perbuatan warganya sendiri.

  • -      Tanggung jawab terhadap tuhan

Tanggung jawab karena perbuatan nya sendiri akibat dari larangan dan perintah yang di lakukan.

Contoh : bila seseorang melakukan perbuatan yang di larang oleh uhan maka bersiaplah untuk bertanggung jawab atas apa yang ia perbuat kelak di ahadap tuhan. Tapi tuhan maha pengampun bila memang kita bersunguh – sunnguh meminta ampun pasti akan di ampuni.

Bertanggung jawablah atas apa yang telah di perbuat kerena manusia yang lari dari tanggung jawab atas perbuatannya adalah manusia yang pengecut,  tuhan membenci orang yang pengecut karena termasuk ingakar janji jadi janganlah mencoba unruk menjadi pribadi yang pengecut dimana berani berbuat berani bertanggung jawab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar