Rabu, 07 Desember 2011

Manusia dan cinta kasih


Manusia dan cinta kasih

Pengertian cinta kasih

 http://www.google.co.id/imgres?q=cinta+kasih


Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwadaminata. Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

ada perbedaan dari pengertian cinta dan kasih, cinta lebih bisa di artikan sebagai perasaan yang lebih mendalam dimana seseorang manusia mempunyai rasa cinta terhadap orang lain, dan kasih adalah perilaku yang  menunjukan rasa cinta tersebut jadi kasih adalah cara pengungkapkan rasa cinta dengan cara yang berbeda-beda baik cinta terhadap orang tua, saudara, teman bahkan kekasih.

Perasaan cinta dan kasih adalah persaan yang di anugrahkan oleh Tuhan terhadap semua mahluknya baik manusia, hewan dan tumbuhan. Cinta kasih mempunyai peranan yang penting untuk kehidupan di bumi ini karena cinta semua akan terasa indah, bila orang tidak mempunyai cinta dan kasih maka hidupnya akan selalu di penuhi dengan dendam dan benci yang akan membahayakan dirinya dan orang sekitarnya.

Menurut Dr.Sarlito W.Sarwono dikatakannya bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu ketertarikan, kemesraan dan keintiman. Yang di maksud dengan ketertarikan adalah adanya persaan yang selalu ingin bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi kecuali dengan dia, kalau janji dengan dua harus di tepati. Kemesraan adalah adanya rasa ingin di belai atau  membelai, rasa kangen bila berada jauh adanya ungakapan rasa sayang yang di ucapkan, dan keintiman adalah ketidak adanya jarak antara satu sama lain, tidak adanya panggilan formal yang ada panggilan sayang, minum dan makan berdua tanpa rasa risi, tidak adanya rahasia dan lain-lain.

Sedangkan kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadinata adalah perasaan sayang, persaan cinta ,atau persaan suka terhadap seseorang.



Cinta terhadap Allah swt

Cinta yang harus dimiliki oleh setiap umatnya untuk selalu mengingatnya, Dimana seoarang mahluk ciptaan Allah bersyukur atas segala apa yang telah Allah kasih di hidupnya, dan rasa kasih di tunjukan dengan cara bagaimana kita selalu mentaati perintahnya dan menjauhi segala larangannya.
Cinta yang ikhlas terhadap Allah insya Allah akan membawa dirinya pada hal yang baik, menjadi pendorong dan menjadi sebuah rasa yang indah.
Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah maha pengampun agi maha penyayang” (QS, Ali Imran, 3:31)

Cinta terhadap orang tua

cinta yang harus di miliki oleh seorang anak terhadap orang tuanya dimana mereka telah membesarkan kita dengan rasa cinta dan kasih sayang alangkah indiahnya jika kita pun memberikan rasa cinta dan kasih sayang terhadap mereka, rasa kasih yang di tunjukan oleh anak bisa berupa cara dimana anak menuruti apa kata orang tua, tidak melawan orang tua dan membanggakan orang tua. Sehinnga menjadi kombinasi yang indah.

Cinta terhadap diri sendri

Cinta ini  penting jika kita tidak mencintai diri sendri siapa lagi yang akan mencintai kita dan bagaimana kita bisa mencintai orang lain jika kita tidak mencintai diri sendiri, sesungguh nya cinta pada diri sendiri akan memicu rasa cinta terhadap oarang lain. Rasa kasih yang dapat di tunjukan terhadap diri sendiri adalah bagaimana cara kita memperlakukan diri sendiri menjadi sosok yang lebih baik, dan bagaimana cara kita untuk menghargai diri sendiri karena semuanya di mulai dari diri sendiri


Cinta terhadap lawan jenis atau sesama manusia

Cinta yang dimiliki setiap manusia baik pria maupun wanita, kadang rasa cinta yang datang dengan tiba-tiba tanpa di duga bisa membuat orang yang mempunyai cinta itu bahagia tapi bisa juga menderita jika orang itu tidak bisa menjadikan cinta sesuatu yang inda. Rasa kasih yang dapat di tunjukan berupa pengorbanan yang di lakukan untuk orang lain yang di cintai.
Cinta dan kasih sayang akan selalu menjadi sebuah anugrah untuk setiap manusia dan selalu akan melekat terhadap setiap insan manusia yang ada di dunia ini, semua itu akan indah jika kita dapat menjaga dan selalu bersyukur atas anugrah yang indah yang telah Allah kasih.

Cinta kasih
Kata yang sering terdengar di telinga
Seindah pantai biru
Yang menyapu pasir dengan ombak yang bergelombang
Desahan suara angin yang membuat nyaman
Membuat terpukau dan melayang
Seakan tak ingin pergi
Selalu di sini
Menikmati keindahan
Itulah cinta kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar